Nama :
Uray Mohammad Fachriansyah
NPM :
17110036
Mata Kuliah :
Pengantar Telematika #
Tugas :
ke-3
Tanggal :
2 Januari 2012
1.
Apa yang dimaksud dengan video streaming dan jelaskan cara kerjanya?
Jawab:
Definisi:
Video
streaming adalah mengalirkan sebuah data video dari suatu transmitter ke sebuah
atau beberapa komputer yang berfungsi sebagai receiver. Jadi receiver menerima
video tersebut secara real time dan receiver tidak dapat mengulang stream yang
didapatnya. Video streaming biasanya digunakan pada kelas virtual atau
konferensi video. Tapi tidak menutup kemungkinan juga video streaming dilakukan
untuk mentransmit suatu video clip ataupun film ke client yang menjadi
receiver.
Cara
kerja:
Pada
dasarnya video streaming adalah sebuah teknologi multimedia yang
dikembangkan dengan internet untuk perangkat bergerak. Prinsip kerja dari video
streaming adalah dari objek yang dishoot oleh sumber media, dalam
hal ini berupa kamera kemudian dikompresi menjadi suatu sinyal yang dapat
dilewatkan ke jaringan. Setelah data dikompresi, kemudian masuk ke media streaming
server yang kemudian diteruskan ke client, dimana pada sisi client,
sinyal data dikembalikan ke format awal sebelum ditampilkan pada handset.
Pada awalnya, data dari source (bisa
berupa audio maupun video) akan di-capture dan disimpan pada sebuah buffer yang
berada pada memori komputer (bukan media penyimpanan seperti harddisk) dan
kemudian di-encode sesuai dengan format yang diinginkan. Dalam proses encode
ini, user dapat mengkompresi data sehingga ukurannya tidak terlalu besar
(bersifat optional). Namun pada aplikasi streaming menggunakan jaringan,
biasanya data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum dilakukan streaming,
karena keterbatasan bandwitdh jaringan. Setelah di-encode, data akan di-stream
ke user yang lain. User akan melakukan decode data dan menampilkan hasilnya ke
layar user. Waktu yang dibutuhkan agar sebuah data sampai mulai dari pemancar
sampai penerima disebut dengan latency.
2.
Apa yang dimaksud dengan teleconference dan
jelaskan cara kerjanya?
Jawab:
Definisi:
Teleconference adalah penggunaan
video/teknologi suara dan komputer yang memungkinkan orang pada lokasi yang
berjauhan untuk saling melihat, mendengar, dan berbicara satu sama lain.
konferensi video dimana data yang di-transmisikan adalah dalam bentuk video
atau audiovisual. Videoconference adalah telekomunikasi dengan menggunakan
audio dan video sehingga terjadi pertemuan di tempat yang berbeda-beda. Ini
bisa berupa antara dua lokasi yang berbeda(point-to-point) atau mengikutsertakan
beberapa lokasi sekalgus di dalam satu ruangan konferensi(multi-point) .
Cara kerja:
Salah satu
komponen teleconference adalah VoIP. VoIP (Voice over Internet
Protocol) adalah teknologi yang dapat diumpamakan dengan menelpon lewat
internet. Hanya dengan berbekal software tertentu, koneksi internet, dan
alat-alat seperti headset, kita sudah siap untuk dapat bertelepon ria dengan
teman kita nan jauh di sana. Biayanya nggak mahal, kok. Cukup bayar koneksi
internet doang, yang tentunya jauh lebih murah dari pada biaya telepon SLJJ
yang biasakita gunakan.
Cara kerjanya adalah dengan mengubah
suara kita menjadi data, dikompresi (atau ukurannya diperkecil), lalu
dikirimkan lewat internet. Bukan hanya satu lawan satu, teleconference atau
komunikasi paralel pun bisa dilakukan lewat VoIP. Bandwith yang dibutuhkan juga
tidak sebesar telepon manual. Apalagi, aktivitas ini tidak akan menghalangi
aktifitas lainnya. Kita masih bisa browsing walau sedang menelpon teman.
Sambungan yang dapat dilakukan oleh VoIP
juga banyak pilihannya. Kita bisa berkomunikasi dari PC ke PC, ataupun dari PC
ke telepon biasa. Software yang dapat menjalankan VoIP lebih dikenal dengan
softphone, misalnya Skype.
3.
Jelaskan tentang teknologi grafik, animasi,
dan video?
Jawab:
Teknologi grafik:
Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang
berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing),
dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga
dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
·
Geometri, mempelajari cara menggambarkan
permukaan bidang
·
Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan
memanipulasi gerakan
·
Rendering, mempelajari algoritma untuk
menampilkan efek cahaya
·
Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan
dan penyuntingan gambar
Teknologi
animasi:
Pengertian
animasi karakter adalah suatu teknik penggambaran dan pengolahan karakter baik
berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi sehingga peran/karakter yang dibuat
seolah-olah hidup dan bersifat seperti makhluk hidup. Untuk membuat karakter
tampak seolah-olah hidup, dibutuhkanlah beberapa animasi yang sesuai dengan
sifat dan karakteristik makhluk hidup tersebut.
Animasi
mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang mampu menyajikan
gambar-gambar bergerak hasil rekaman kegiatan dari makhluk hidup, baik manusia,
hewan, maupun tumbuhan. Pada awalnya diciptakan animasi berbasis dua dimensi
yakni objek yang dianimasikan mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar
(y-axis). Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang dikenal
adalah film kartun di televisi. Pembuatan animasi film kartun pada awalnya
dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang digerakan satu per satu. Untuk
membuat satu durasi animasi membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak akan
tetapi sejak ditemukannya teknik animasi berbantuan komputer, pembuatannya menjadi
lebih mudah dilakukan.
Teknologi
video:
Format
berbahan dasar pita magnetik ini mulai dikenal luas di seluruh dunia pada paruh
kedua periode 1970-an, baik untuk keperluan profesional seperti stasiun
televisi maupun keperluan pribadi. Pita magnetik yang terdapat dalam kaset
video bisa merekam gambar dan suara dengan baik, sementara film hanya dapat
merekam gambar. Untuk suara digunakan medium rekam lain, semisal DAT
(digital audio tape). Kelemahan sistem analognya membuat pemakaian video untuk
keperluan profesional terhambat.
Seperti
juga film, video punya berbagai jenis untuk berbagai keperluan yaitu
Matic, Betacam SP, Digital Betacam, Betamax, VHS, S-VHS, Mini DV, DV, DVCAM,
DVCPRO. U Matic merupakan jenis video profesional untuk keperluan televisi sampai
era 1980-an. Begitu format Betacam SP yang kualitasnya jauh lebih baik masuk ke
Indonesia di kurun waktu 1990-an, U Matic pun ditinggalkan orang. Menjamurnya
jenis Betacam SP juga didukung oleh perkembangan alat editing yang memakai
teknologi digital.
Didalam komunikasi visual ini yang paling penting dan
harus menjadi perhatian adalah video. Mengapa ?
Karena dengan menggunakan komunikasi visual dapat
memangkas biaya produktifitas dengan beberapa faktor yang antara lain:
·
Video adalah sebagian dari tatap muka yang
bagus dengan tipe pilihan diantara media yang lain untuk strategi, perencanaan,
dan diskusi
·
Video memiliki 38 % dalam perhatian peserta
dalam pertemuan tersebut
·
Dalam bertatap muka pada pertemuan tersebut
memiliki 43% lebih baik dari pada pertemuan melalui telepon
Didalam jaringan aplikasi video saudara harus lebih jeli
melihat hal – hal yang menjadi kunci faktor dari keberhasilan jaringan aplikasi
video itu sendiri. Faktor – faktornya antara lain:
Codec
Coding/Decoding
yang
mana merupakan otak dari system. Dan keberhasilan dari komunikasi visual
sangatlah tergantung dari perangkat ini.
Bandwidth
Sebuah kapasitas transmisi medium menuju pada transmit
info (video, audio & data). Bila digambarkan aliran telpon itu sebagai pipa
air, bandwidth adalah ukuran dari pipa itu sendiri sedangkan isi yang mengalir
didalamnya adalah informasi. Isinya dalam bentuk Kbps (Kilo bits persecond).
Untuk video conference di rekomendasikan 384 Kbps untuk bisa dihasilkan
kualitas yang lebih baik. Namun saat ini telah banyak perangkat video
conference yang dapat berkomunikasi dengan hanya menghasilkan kurang dari 128
Kbps bahkan sampai pada bandwidth 64 Kbps.
Resolution
Persepsi resolusi dimana hubungan antara resolusi adalah
pada ukurannya. Biasanya penggambaran pada penulisannya adalah dot atau pixel.
Berikut ini standarisasi resolusi video.
- HD, Sebuah standarisasi yang dimanfaatkan sistem
televisi digital.
- XGA, Standarisasi grafik resolusi tinggi yang di
perkenalkan oleh IBM.
Framerate
Perkiraan framerate 22 fps pada penglihatan mata manusia
sebagai pergerakan gambar yang halus. Ukuran framerate untuk Amerika dan
sekitarnya adalah 30 fps dengan bentuk standarisasi video NTSC yang ukuran
gambarnya adalah 704 x 480 (pixel x line), sedangkan eropa dan Indonesia adalah
25 fps dengan bentuk standarisasi video PAL yang ukuran gambarnya 704 x 576
**********
Tidak ada komentar:
Posting Komentar